Senja Dilangit Yang Salah

                      Senja Dilangit Yang Salah



      Aku Syluet Mahardika Putri seorang mahasiswa baru yang merantau ke kota orang untuk mewujudkan cita-cita ayah ku yang berkeinginan untuk aku masuk di jurusan yang menurut beliau tepat untuk ku sedangkan aku sendiri tidak karena aku sudah memiliki rencana sendiri untuk hidup ku hal ini dikarenakan dia , selalu dia yang menjadi motivasi ku. Dikisah ini jangan ditebak siapa tokoh utamanya antara aku , kamu atau dia yang selalu ada di kota manapun . Sudah jangan kebanyakan bercerita tentang dia nanti aku bakalan lupa dari alur cerita ini.

                                      *******

      Masa pengenalan Mahasiswa baru yang biasanya disebut dengan ospek sudah berakhir yang dimulai dari ospek tingkat Universitas , tingkat Fakultas sampai ke pengenalan tingkat prodi , Ospek merupakan masa-masa baru yang menegangkan bagi Mahasiswa Baru bagaimana tidak mereka harus mencari perlengkapan yang sulit-sulit dan waktu pemberitahuannya juga sangat tiba-tiba jauh dari kedua orang tua , semuanya harus mengurus sendirian , bener-bener awal baru yang kita dilatih untuk menjadi seseorang yang mandiri.
Masa perkuliahan dimulai ternyata kuliah itu tidak semenyenangkan seperti di FTV karena nyatanya tugas-tugas yang menumpuk belum lagi harus membagi waktu dengan organisasi, di awal masuk kuliah ini aku sudah neting duluan , dari awal aku sudah berfikiran bahwa teman-temannya bakalan tidak akan ada yang sesuai dengan ku , tidak akan ada yang sama dengan teman-teman SMA ku dulu tapi nyatanya salah aku disini menemukan teman-teman yang tidak kalah jauh gokilnya dari temen-temen SMA ku dulu , kita memiliki karakter yang unik tapi tidak mempengaruhi persahabatan kita. Disini bukan tentang teman-teman ku yang gokil yang akan aku ceritakan tapi tentang seseorang yang baru yang seru kalau tidak menceritakan tentang masa-masa remaja.

                                **************

Hari ini mata kuliah fisika  , mata kuliah yang ku sukai kedua setelah matematika aku duduk di bangku paling depan memang setiap hari aku selalu duduk di depan aku ga suka duduk di belakang, aku mengenalkan diriku ke seseorang teman laki-laki yang ada di samping ku karena meski sudah masuk satu minggu aku belum dapat mengenal semua temen-temen ku sekelas aku memang lemah dalam mengginggat nama seseorang . “Hayy nama ku Syluet Mahardika Putri panggil saja Syl , nama mu siapa?” sapa ku dulu , “nama ku Muhammad  Samudra Anggara panggil aja Sam “ jawab Sam ,  “Aku dari Pekalongan , kamu dari mana?” tanya ku lagi,  “sama” jawab Sam tanpa melihat aku sebagai lawan bicaranya “ oh sama ya aku Pekalongan selatan, kamu bagian mana?” tanya ku lagi karena kita berasal dari daerah yang sama siapa tau banyak yang bisa diobrolkan  “Bagian Barat” jawab Sam lagi-lagi melihat kedepan dan tidak menatap ku sebagai lawan bicaranya. Dalam hati aku aku kesel banget ini orang kenapa ya cuek banget  padahal aku cuma nanya, awal perkenalan yang menjengkelkan menurut ku , hari demi hari berlalu , dan tanpa sengaja suatu hari Sam chat aku dari situ semuanya di mulai chating demi chating menceritakan banyak hal dari masalah keluarga sampai hal-hal yang tidak penting . Hingga kita menjadi teman dekat.
“Sam ayok jalan yuk!” ajak ku “Kemana Syl , kamu pengen jalan-jalan kemana?” tanya nya, “Terserah yang penting bisa lihat senja aku ingin sekali lihat senja” jawab ku , “Yaudahh ayok naik , kita lihat senja” ajaknya , “Kita mau kemana Sam?” tanya ku lagi , “Udah jangan banyak tanya ayok ikut aku saja “ Ternyata Sam mengajak aku naik ke atap gedung dari sini aku bisa melihat banyak hal , Keramaian kota , burung yang saling berterbangan , kendaraan yang berlalang lintang . Yang lebih indah lagi tujuan ku datang kesini yaitu senja yang perlahan menghilang meski senja di langit kali ini tidak sesempurna senja yang biasanya aku lihat.
“Syl kamu suka senja?” entah kenapa di balik nada bertanyanya ada sesuatu yang ganjil menurut ku , “Iya suka “ jawab ku sambil menatap lurus kedepan “Kenapa Suka senja Syl?” tanya Sam sambil menatap ku “Gatau Sam suka saja coba kamu lihat indah bukan” jawab ku lagi-lagi padangan ku masih terfokus pada senja , “Iya indah , tapi dia lambnag kepergian Syl” katanya ada sedikit nada sendu disana , “ Maka dari itu letak yang bisa buat aku suka sama senja Sam “ jawab ku dan masih menatap senja dengan tajam “Kenapa Syl , coba cerita” ada rasa penasaran di setiap kata yang dilontarkan ,  “Gak kenapa-kenapa kok Sam” alibi ku.
Flash back on 
“Syl senja nya indah ya?” kata  dia “iya , mangkanya aku suka senja , senja dapat mewarnai langit sore dengan sempurna” jawab ku dengan penuh senyum , “Tapi Fajar juga indah Syl mereka berdua sama-sama indah , bintang di langit juga indah , malam juga indah indah semua Syl” katanya sambil menatap ku tajam , “Iya tapi aku kesal dengan bintang , bagaimana bisa mereka bersinar dengan terang di tengah kekacauan bumi “ kata ku,  “Mereka tidak jahat Syl mereka hanya menjalankan tugasnya menerangi bumi , memperindah bumi” jawab dia dengan logat santainya “Ga mau tau pokoknya mereka jahat atau memang aku tidak cocok tinggal di bumi” jawab ku sambil mengerutu “ hahahaaaa “ dia ketawa pada sore itu , tawa yang membuat semesta ku menjadi seperti pelangi “Kalau bumi tidak cocok buat kamu tinggali , teruss kamu mau kemana?” tanyanya dengan nada serius,  “Pindah ke saturnus lah disana lebih indah , tidak ada bunyi klakson , tidak ada asap rokok , tidak ada orang marah-marah , dan disana tidak ada tuntutan” jawab ku ketus karena entah kenapa aku merasa ada yang berbeda dari setiap katanya “Hahaaaa itu namaya lari dari kenyataan Syl “ ejek nya , “yeee , ya enggaklah itu namanya pindah planet” alibi ku ga mau kalah sama dia “Yaudah besok berangkat kesana bareng.” Dia sebagai tempat untuk pulang terbaik ku setelah kedua orang tua ku.
Flash back off
“Syl syl heyy kan melamum” tiba-tiba kenapa ada suara suara Sam disini aku tersadar tadi hanya kenangan dengan dia hanya kenangan , “Ehhehh iya iya sorry , kamu bilang apa tadi?” jawab ku kaget , “Gak jadi kamu melamun kok , kamu melamunin apa Syl?” tanya Sam penasaran  “heheheee gak kok gak apa-apa “ jawab ku pura-pura , “Kan gitu kamu kalau sama aku tidak pernah jujur , selalu aja ada yang ditutup-tutupi “ kata Sam serius , “Gak kok tidak ada apa-apa Sam” jawab ku , “Syl aku mau ngomong serius ke kamu “ kenapa tiba-tiba Sam bilang dengan nada yang gusar “ iya , bilang saja “ jawab ku santai ,“Kita sudah saling kenal , sudah banyak cerita semakin hari aku semakin nyaman dengan kamu , aku sayang dengan kamu Syl , Aku tidak mau mundur aku pengen berjuang bareng kamu di kota ini “ kata Sam serius sambil menatap ku dibawah langit jingga  “ hahaaa apaan sih Sam , udahlah ayok pulang” aku kaget dengan apa yang Sam ucap kan , lalu aku pura-pura tertawa dan mengajak Sam pulang untuk menutupi kekagetan ku,  “Syl kamu pasti gitu kalau aku bicara serius kamu pasti tidak percaya ,  aku serius kali ini Syl , bagaimana menurut mu “ cegah Sam ketika aku ingin meninggalkannya “Apaan sih balek yokkk , ayokk Sam “ kata ku sambil berjalan “ Bagaimana Syl pendapat mu , yang aku bilang tadi” Kata Sam yang ada di belakang ku , “Gak bagaimana-bagaimana” “Udahalah ayok balek keburu malem” jawab ku masih sambil di depannya, “ Yahhh kamu pasti gitu terus yaudah ayokk balek” Sam kemudian mengikuti langkah ku meninggalkan atap gedung.

                       ********************

        Hari ini aku baru tau sesuatu tentang perasaannya Sam yang baru di ungkapkan tadi ,  bagaimana aku menanggapinya sedangkan perasaan ku masih di kota ku dan kotanya , masih ku letakkan di dia senja terindah ku semesta ku masih padanya . Dia yang selalu menjadi motivasi ku dalam segala hal , di awal aku sudah sedikit ceritakan mengenai masa depan ku , aku ingin satu sekolah lagi dengan dia agar aku selalu melihat dia, agar selalu termotivasi olehnya . Dia seseorang di masa lalu yang tenggelam bersama tenggelamnya senja pada saat kota kita saling berpindah , tapi bagaimana dengan perasaan ku yang tidak ikut tengelam bagaimana bisa perasaan ku malah menjadi fajar terbit semakin terang  , ya semesta bagaimana bisa kau permainkan aku sedemikian rupa , Sudah ku bilang aku ingin pindah saja ke saturnus ke Sam ,karena dia dulu ingin menemani ku ke saturnus tapi tidak ku jelaskan alasan ini ke Sam , aku ingin pindah ke Saturnus bersama dengan dia  . Lalu bagaimana ini aku ingin fokus pada kuliah ku disini aku tidak ingin waktu ku ku habis kan untuk membahsa perasaan yang suka seenaknya sendiri ini . Aku ingin lulus dengan cepat  , lulus dengan predikat coumload . Meski Sam tidak pernah menganggu waktuku Sam malah yang selalu menginggatkan ku untuk beribadah dan belajar , Sam sangat pengertian terhadap kesibukan ku namun aku sendiri yang takut  malah menghabiskan waktu ku untuk mengurus perasaan dari pada mengurus sekolah ku . Aku ingin bicara dengan Sam mengenai ini aku ingin kita seperti dulu teman biasa yang hanya chating untuk menanyakan  tugas.

                          ****************

       Hari ini ingin ku jelaskan semuanya pada Sam , tapi dengan tidak melukai hatinya karena Sam sungguh baik pada ku , setiap kali aku butuh sesuatu dia selalu ada , bagaimana bisa aku akan melukainya . “ Syl katanya mau ngomong sesuatu tadi malam , ayokk ngomong saja ada apa?” iya tadi malam aku mengirim pesan ke Sam bahwa hari ini aku ingin bertemu , aku ingin mengatakan sesuatu kepada Sam , “Sam maaf sebelumnya , bukannya aku tidak tau kamu sudah menjelaskan semuanya pada ku kemarin tentang perasaan mu , sekarang giliran aku yang ingin mengatakan semuanya pada mu , Sam maaf sebelumnya dan terimakasih , terimakasih banyak kamu selalu ada untuk ku , kamu selalu ada disaat aku membutuhkan , terimakasih juga atas perasaan mu sudah meletakkan nama ku di hati mu kamu baik Sam , kamu sudah mengungkapkan segalanya perasaan mu kepada ku , Aku ingin menjelaskan segalanya kepada mu Sam yang pertama waktu kita ini salah di semesta ku masih di isi oleh orang lain meski orang lain itu sudah tenggelam bersama senja pada waktu itu , namun Sam dia masih ada di setiap hari disetiap mata ku menatap senja . Alasan ku yang kedua Sam aku disini ingin fokus kuliah , aku ingin lulus cepat dan lulus dengan predikat terbaik  aku ingin ikut lomba-lomba nasional aku ingin cari banyak pengalaman karena hidup tidak begini-begini saja , aku tau kamu tidak pernah menganggu waktu ku kamu selalu paham akan kesibukan ku tapi aku saja yang takut tidak bisa fokus nantinya pada pendidikan ku.”
“Udah Syl nyanyinya?” kata Sam, “eehh siapa yang nyanyi , aku beneran Sam terhadap apa yang aku bicarakan ini” aku bicara serius panjang lebar dan Sam menanggapinya dengan lelucon , “Udahlah Syl begini ya aku tidak perduli terhadap siapa yang ada di semesta mu kali ini aku hanya ingin selalu ada untuk mu itu saja , aku juga tidak butuh balasan , lalu untuk fokus pada pendidikan aku janji Syl tidak akan menganggu waktu mu , iya aku setuju pada mimpi-mimpi mu meski kamu tidak akan punya waktu untuk ku aku gak apa-apa kok santai saja , tapi izinkan aku selalu ada untuk mu , izin kan aku menemani mu kita terbang bersama kita meraih mimpi bersama-sama . Jangan suruh aku pergi lagi Syl biarkan semuanya tetap begini aku akan menerima semuanya , aku serius yang penting kamu jangan pergi , aku sayang kamu Syl” Kata Sam serius, “Terimakasih Sam” jawab ku.
 
                       **********************

       Semesta bagaimana bisa kau mengatur segalanya sedemikian rupa bagaimana bisa kau meletakkan senja yang indah ini di kota dan di waktu yang salah , Sam terlalu baik untuk ku , terimaksih semesta cara bekerja mu begitu luarbiasa , besok kalau sudah ganti rasa ini aku ingin mengajak Sam saja yang ke saturnus bukan dia.
                             
                                  *********



     Terimakasih sudah mau membaca Tulisan Jelek saya , yang punya kisah yang sama . Semoga semesta memberi pilihan terbaik buat kita . Salam hangat Kasih dan sayang dari semesta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pada Aksara Atau Angka

Kita sedang hidup di dunia siapa tuan?

Setiap manusia punya enak dan tidak enaknya sendiri-sendiri